Senin, 03 November 2014

1.      Proses belajar yang terjadi dalam kebudayaan :
·         Internalisasi : contohnya seperti ketika mengidolakan seseorang/artis, ketika seseorang mengidolakan artis dan merubah penampilannya seperti sang artis baik omongan, pakaian dan tingkah lakunya, secara tidak langsung sudah menginternalisasikan dirinya sendiri.
·         Sosialisasi : contohnya seperti ketika anak-anak yang meliahat kebiasaan orang tuanya dirumah seperti melaksanakan solat, secara tidak langsung mempengaruhi kerohaniannya untuk melaksanakan kewajiban ketika dewasa kelak.
·         Enkulturasi : contohnya seperti ketika memperingati hari raya idul fitri kebiasaan setiap orang yaitu membeli baju baru, itu dilakukan dari generasi ke generasi setiap tahunnya secara tidak langsung membentuk kebudayaan pada hari raya.
2.      Evolusi Kebudayaan dan Difusi Kebudayaan :
·         Evolusi Kebudayaan : ketika seseorang bersekolah maka akan berubah keadaan dimasyarakat dari yang orang biasa menjadi orang yang berpendidikan
·         Difusi Kebudayaan : contohnya seperti, saya bertetangga dengan orang jawa dan mereka terkadang menggunakan bahasa jawa dalam sehari-harinya secara tidak langsung meraka menyebarkan kebudayaannya kepada saya yang sedikit demi sedikit mengerti bahasa mereka.
3.      Proses pengenalan unsur-unsur kebudayaan asing:
·         Akulturasi : sekarang ini pembanguan rumah dengan perpaduan rumah daerah tetapi modern, seperti contohnya saya membangun rumah bernuansa bali tetapi bertemakan minimalis modern tanpa mengurangi unsur artistic bali.
·         Asimilasi : ketika seseorang dari suatu daerah menetap didaerah lain, seperti contohnya andi berasal dari jawa, tetapi pekerjaannya berada di medan dan ia menetap bertahun-tahun sehingga mempengaruhi dialek bahasanya secara tidak langsung.
4.      Inovasi :
·         Menggunakan tempat minum yang tak sekali pakai guna untuk meminimalisir sampah pelastik yang menggunung setiap harinya.


Nanda Aulia . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates