Sabtu, 29 November 2014

Definisi nirmana adalah pengorganisasian atau penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis. nirmana dapat diartikan sebagai hasil angan-angan dalam bentuk dwimatra, trimatra yang  mempunyai nilai keindahan. nirmana disebut juga ilmu tatarupa.
Pertama kali saya membuat nirmana itu tepatnya pada saat saya kelas XII sma, memang di sekolah saya dituntut untuk mempelajari ilmu tatarupa. Awalnya saya tidak mengerti kenapa harus membuat nirmana yang bentuknya saja sudah tidak jelas, dan guru saya mengharuskan para muridnya untuk membuat nirmana yang unik dan tidak hancur ketika proses penilaian, proses penilaiannya yaitu dijatuhkan tujuannya untuk mengetahui kalau nirmana yang kami buat itu benar–benar kuat dan tahan banting, seperti itu jelasnya. Bahan-bahan yang dibolehkan untuk membuat nirmana disekolah saya itu seperti kaca dan kayu. Saya memilih bahan dasar kayu karena menurut saya proses pembuatannya lebih mudah ketimbang kaca.
Inilah nirmana pertama saya

Bahan-bahan :
·         Kayu (dipotong 7cm) & sisa papan triplex
·         Lem fox
·         Cat air
·         Amplas kayu
·         Kuas
Cara membuat :
·         Pertama yang dipersiapkan adalah bahan-bahan yang saya sebutkan di atas, untuk kayu kalian bisa meminta bantuan pada tukang kayu untuk dipotong sesuai ukuran
·         Amplas kayu dengan tujuan memperhalus permukaan kayu
·         Setelah itu kayu yang sudah diamplas dapat langsung di buat nirmana sesuai keinginan, seperti contohnya saya hanya membuat kotak-kotak persegi empat dan disusun menyatu
·         Siapkan cat serta kuas untuk mengecat papan sebagai penyanggah

·         Kalian bisa melakukan semprotan glow agar nirmana terlihat lebih menarik, selamat mencoba J

Nanda Aulia . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates