Minggu, 08 Oktober 2017

A.    Pengertian Sistem
  •  Pengertian system Amsyah (2005) adalah himpunan suatu “benda” nyata atau abstrak (a set of things) yang terdiri dari bagian-bagian atau komponen-komponen yang saling berkaitan, berhubungan, berketergantungan, dan saling mendukung, yang secara keseluruhan bersatu dalam  satu kesatuan (unity) untuk mencapai tujuan tertentu secara efisien dan efektif.
  • Menurut Bertalanffy & Checkand (dalam Sarosa, 2009) system adalah sekumpulan komponen yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama. Kata kuncinya adalah sekumpulan komponen atau subsistem, sehingga system terdiri dari beberapa subsistem dan demikian juga sebaliknya. Komponen atau subsistem penyusun suatu system berinteraksi dan bekerja sama satu dengan yang lain. Suatu sitem juga memiliki tujuan yang menjadi dasar kerja system tersebut. Sebuah system yang mengumpulkan, mencatat, menyimpan dan memproses data sehingga menghasilkan yang berguna dalam membuat keputusan.
  • Al Fatta mengemukakan bahwa untuk memahami pengertian system, harus dilihat keterkaitan antara data dan informasi sebagai entitas penting pembentuk system informasi. Data merupakan nila , keadaan, atau sifat yang berdiri sendiri lepas dari konteks apapun.
B.    Pengertian Informasi
  • Pengertian menurut Amsyah (2005) informasi  adalah data yang sudah diolah, dibentuk, atau dimanipulasi sesuai dengan keperluan tertentu. Data adalah fakta yang sudah ditulis dalam bentuk catatan atau direkam ke dalam berbagai bentuk media (contohnya komputer). Misalnya, ada fakta bahwa seseorang nasabah menabung dibank, datanya ada pada slip tabungan atau rekaman komputer. Bila semua data uang tabungan yang ada dalam periode tertentu dijumlahkan (diolah), maka jumlah hasilnya disebut informasi.
  • Selain itu, menurut Bodnar & Hopwood (2000) informasi merupakan data yang diolah sedemikian rupa sehingga bisa dijadikan dalam mengambil sebuah keputusan yang tepat dan benar.
  • Davis & Mc Leod (dalam Al Fatta, 2007) mengatakan bahwa informasi adalah data yang telah diproses, atau data yang memiliki arti. 
C.    Pengertian Psikologi 
  • Clifford T. Morgan (dalam Sarwono, 2009) berpendapat bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dan hewan.
  • Menurut Wundt (dalam Basuki, 2008) psikologi merupakan tentang kesadaran manusia (The Science of Human Consciousness).
  • Wade dan Tavris (2008) mengemukakan psikologi adalah sebuah disiplin ilmu yang berfokus pada perilaku dan berbagai proses mental serta cara perilaku dan berbagai proses mental ini dipengaruhi oleh kondisi mental organisme dan lingkungan eksternal.
D.    Pengertian Sistem Informasi Psikologi
f
             Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bawa sistem  informasi psikologi merupakan -  suatu proses yang melibatkan manusia dan teknologi menjadikannya sebuah system yang terdiri  dari komponen-komponen yang saling mendukung antara satu dengan yang lain secara keseluruhan yang menjadikannya sebuah data yang sudah diolah untuk pengambilan suatu keputusan. Misalnya, untuk tes psikologi PapiKostick yang sudah menggunakan teknologi memudahkan dalam mengolah data.
d


Nanda Aulia . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates